Kamis, 17 November 2011

Tugas Bab 3, November Minggu II Kelas XI

Resumelah berita tentang :
1) Sebuah Pemerintahan Daerah yang melakukan program tranparassi dan juga keadilan bagi masyarakatnya! Sebutkan data lengkap sumber berita tersebut
2) Sebuah kegiatan dari LSM sebagai bentuk peran serta masyarakat dalam pemerintahan terbuka!
3) Terhadap MAsing-masing berita tersebut berikanlah pendaptmu!

2 komentar:

1. Kaltim Terus Tekan Angka Buta Aksara (http://www.mediaindonesia.com/read/2011/11/03/273406/127/101/Kaltim-Terus-Tekan-Angka-Buta-Aksara-). dengan adanya program ini maka jumlah masyarakat yang masih buta aksara dapat diminimalkan. pelaksanaan program pengentasan buta aksara ini juga dilakuakan dengan kerja sama antara LSM dan pemerintah daerah. hal ini menunjukkan adanya peran serta masyarakat dalalm pemerintahan terbuka
2. kriya mandiri
(http://kriyamandirisolo.wordpress.com/profil/)
lembaga peduli remaja ini didirikan oleh mahasiswa yang sempat risau dan prihatin pada kehidupan anak muda di masyarakat sejak 1999
3.1. pengentasan buta huruf adalah langkah awal dalam peningkatan mutu pendidikan, juga masyarakat yang tidak 'gaptek' .
3.2 dengan pembimbingan terhadap remaja, moral calon pemimpin ini akan diarahkan menuju kebaikan.

1. Transparansi pengelolaan minyak di Blora (http://berandakawasan.wordpress.com/2010/09/22/cerita-dari-blora-menyoal-transparansi-pengelolaan-minyak/)
Menilik situasi yang terjadi di Blora saat ini, terutama pada persoalan pengelolaan kekayaan sumber daya alam minyak bumi, Apakah potensi minyak dan gas bumi yang disebut-sebut sampai 250 juta barrel itu akan memberikan kesejahteraan pada masyarakatnya ataukah hanya akan menciptakan persoalan yang justru bisa membawa kesengsaraan?

2.FKKM (forum komunikasi kehutanan masyarakat )
http://sanafriawang.staff.ugm.ac.id/konsolidasi-organisasi-dalam-membangun-gerakan-bersama-belajar-dari-pengalaman-berjaringan.html
FKKM didirikan pada tanggal 23-24 September 1997, sebagai inisiatif bersama yang dimaklumatkan dan dideklarasikan dalam pertemuan para pihak terkait (multistakeholders) yang diselenggarakan di Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Forum Komunikasi ini didirikan sebagai wadah pertukaran informasi untuk isu kehutanan masyarakat dan kebijakan kehutanan di Indonesia.

3. a) Keterbukaan informasi tentang pengelolaan sumber daya alam yang ditarik dari bumi, atau yang dikenal juga dengan istilah sumber daya ekstraktif, di dunia internasional saat ini makin dipercaya sebagai salah satu cara alternatif pencegahan fenomena kutukan sumber daya (resource curse). Fenomena ini terjadi di banyak negara yang kaya akan sumber daya ekstraktif, tetapi gagal memanfaatkan kekayaan tersebut dan justru terjebak dalam kemiskinan, korupsi, kehancuran lingkungan, dan konflik perebutan sumber daya.
b) Diharapkan bahwa wadah ini dapat membantu merumuskan gagasan, program, gerakan menuju pengembangan kehutanan masyarakat di Indonesia.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More